14 - 12 - 2017

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

00419994
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
33
140
532
417765
2510
4220
419994
Your IP: 66.249.71.88
Server Time: 2017-12-14 05:04:28

Main Menu
Info
Karmel Stroke Centre

KARMEL STROKE CENTRE - IF YOU CARE JUST SHARE

Follow Us

Powered by CoalaWeb
Terbaru
Articles

Klub Stroke

Acara Klub Stroke KarmelTak cuma berdiam diri menerima nasib "buruk", itulah tujuan utama perkumpulan ini. Beragam aktivitas di adakan.


Tiap Rabu, anggota Klub Stroke Karmel (KSK) berkumpul di Karmel Stroke Centre dan Revitalisai karmel, Jakarta Barat. Pagi-pagi mereka sudah senam bersama, disusul kegiatan lain. KSK hanyalah salah satu klub stroke di Jakarta. Masih ada yang lain semisal Klub Stroke RSCM, Klub Stroke RSPP, Klub Stroke RS Fatmawati, Klub Stroke RSPAD Gatot Subroto, dan sebagainya. "Sebetulnya perkumpulan ini merupakan perpanjangan dari program latihan dasar rehabilitasi untuk penderita stroke," jelas Pimpinan Karmel Stroke Centre dan Revitalisasi karmel, Dr. Hermawan Suryadi, SpS.

Tujuannya agar pasien stroke tak hanya duduk diam merenungkan nasib. Mereka harus aktif, menghilangkan kesedihan, depresi, dan kembali memasyarakat. Dengan berbagai latihan, lanjut Hermawan. fungsi-fungsi yang terganggu akibat stroke, seperti kelumpuhan, gangguan bicara, gangguan memori, dan sebgainya, bisa lebih cepat pulih. "kalau tidak , makin lama mereka akan makin pikun. Pencegahannya, ya, dengan sebanyak mungkin beraktivitas. Dengan makin banyak berkomunikasi, berlatih, diharapkan semua fungsi bisa cepat dihidupkan kembali." Berbagai macam terapi serta kegiatan dilakukan. termasuk yang bersifat hobi seperti main golf dan menyanyi. "yang suka nyanyi, diterapi dengan karaoke. yang hobi golf, belajar memukul bola lagi. lewat karaoke, ternyata banyak keluhan yang cepat hilang, "lanjut Hermawan yang juga pengurus Pusat Yayasan Stroke Indonesia.

Ada pula terapi mengemudi dengan simulator alias berlatih menyetir kembali pakai komputer. "Kalau lulus, baru boleh menyetir lagi." Ada pula terapi harmonika, pasien dilatih menggerakkan tangan sambil meniup harmonika. Napas jadi kuat, fungsi tangan aktif, bicaranya jadi bagus." Yang tak kalah penting semangat penderita dimotivasi sehingga menjadi lebih segar dan ceria. "Ini akan sangat membantu proses penyembuhan." para anggota juga punya kegiatan luar ruang semisal arisan, wisata, hingga kontes lukis. Yang lebih hebat, "Sedang direncanakan Stroke Idol. Siapa tahu mereka ada yang punya background penyanyi, kan ?"

Sudah 6 tahun ini KSK berdiri. "Anggotanya sekitar 20 orang." kata Winarto, sang ketua. Saat rutin berkumpul, anggota klub stroke lain juga ikut bergabung. "Begitu juga sebaliknya, kami sering ikut kegiatan klub lain. "Winarto sendiri bergabung sejak 2004. " Hanya beberapa bulan setelah terkena stroke gara-gara darah mengental dan terjadi penyempitan pembuluh darah," kisahnya. Saat itu, tuturnya kaki dan tangan kanannya tidak bisa digerakkan. Sebelumnya memang sudah ada tanda-tanda serangan, namun tidak begitu ia perhatikan. "Waktu itu penglihatan saya mendadak buram. Saya pikir karena kacamata yang harus sudah diganti." Sampai akhirnya ia tidak bisa bangun, tapi sadar."Ngomong jadi pelo. Dua Minggu dirawat di RS, pulang dalam kondisi belum bisa berjalan. Selama empat bulan saya harus pakai kursi roda."

Ads
Info 1
Info by Karmel Stroke Centre
Weblinks
Articles Related Items