13 - 08 - 2022

bebas bayar, pembayaran mudah dan cepat, transaksi online, pembayaran tagihan dan tiket, transfer dana online

00629320
Today
Yesterday
This Week
Last Week
This Month
Last Month
All days
46
89
593
628163
1080
2677
629320
Your IP: 44.197.230.180
Server Time: 2022-08-13 13:57:23

Main Menu
Info
Karmel Stroke Centre

KARMEL STROKE CENTRE - IF YOU CARE JUST SHARE

Follow Us

Powered by CoalaWeb
Terbaru
Articles

Tidak bisa tidur adalah derita yang sangat menyiksa. Ketika orang lainn terbaring pulas, dia malah kesulitan memejamkan mata. Pagi dan siang hari, dikala orang lain segar dan siap beraktivitas, dia kelelahan dan mengantuk. Gangguan tidur ini perlu diatasi karena tidur cukup adalah syarta hidup sehat.

Mungkin ini terdengar berlebihan. Tak ada yang lebih buruk daripada tidak bisa tidur. Semalaman berbaring hanya bisa berguling ke kanan kiri, mata ketap-ketip, tetapi tak kunjung terlelap. Tentu saja kondisi ini akan meninggalkan rasa kelelahan, mudah marah, dan stres saat kita bekerja di kantor keesokan harinya.

Bagi sebagian besar orang, penyebab sulit tidur selain kekhawatiran, yaitu tidak mendapat tidur malam yang cukup. Dan tak ada cara yang cepat mendatangkan sulit tidur, selain mencemaskannya.

Stress, kelelahan, dan terlalu letih bekerja sering kali membuat kita tegang dan cemas. Keadaan seperti ini juga menyulitkan tubuh untuk rilek dan tidur dengan nyenyak. Disamping itu menopause juga menyebabkan sulit tidur.

Dua jenis sulit tidur

Sleep Onset

Anda berbaring di tempat tidur, tetapi tidak mampu tertidur.

Sleep Maintenance

Anda mudah tertidur, bangun jam dua dini hari dan tidak mampu tidur lagi.

 

Penyebab Sulit tidur

  • Kecemasan atau ketegangan
  • Perubahan besar dalam hidup seperti pindah rumah, pekerjaan baru dan masalah pernikahan
  • Rasa nyeri atau ketidaknyamanan
  • Kelebihan kafein atau alkohol
  • Depresi

Cara mengatasi

  • Bila insomnia atau sulit tidur disebabkan depresi, konsultasikan dengan dokter ahli kejiwaan.
  • Kadar gula darah yang rendah di malam hari menyebabkan pengeluaran hormon pengatur glukosa. Ini menyebabkan tubuh terjaga. Jadi jika terjaga di waktu dini hari dan lapar, mungkin anda mengalami hipoglikemi atau gula darah terlampau rendah. Ini harus dikonsultasikan dengan dokter.
  • Kurangi asupan kafein, khususnya di malam hari.
  • Serotonin adalah zat kimiawi yang penting untuk memulai tidur. Produksinya bergantung pada keberadaan triptofan. Minuman beralkohol menghambat triptofan untuk mencapai otak. Karena itu, untuk mereka yang kesulitan tidur, alkohol dilarang minum paling tidak empat jam sebelum tidur.

Herbal untuk sulit tidur

  1. Markisa digunakan sebagai bahan yang sifatnya sedatif (penenang) oleh suku bangsa Aztec. Ahli herbal bangsa barat juga menggunakan buah ini sebagai bahan sedatif buat yang sulit tidur.
  2. Minyak Esensial lavender bagus untuk membantu tidur. Oleskan setetes minyak esensial lavender di pergelangan tangan tempat nadi berdenyut, di pelipis, dan di bawah hidung sebelum mematikan lampu untuk tidur. Lavender akan merilekskan pikiran dan tubuh.
  3. Ketika terbangun di malam hari, ambillah satu sendok teh madu dan kembali tidur. Madu akan menstimulasi produksi serotonin di otak untuk membantu tidur.

 

 

GAYA HIDUP SEHAT

Ads
Weblinks
Articles Related Items